Laporan Overhead

 Langkah-langkah Membuat Laporan Overhead 

1.Buat title dari tabel overhead ini "Biaya overhead pabrik"
2.Beri tahun dan buat tujuh kolom dari biaya overhead ini. Misalnya overhead ini akan menampilkan overhead selama 16 bulan atau 4 kali caturwulan
3.Tentukan nama-nama dari biaya overhead ini dengan mengisikan di kolom Nama biaya overhead.
4.Masukkan biaya overhead untuk setiap jenis biaya yang sudah dimasukkan untuk caturwulan pertama (empat bulan pertama).
5.Buat formula untuk menjumlahkan biaya overhead untuk caturwulan pertama dengan menggunakan fungsi SUM untuk kolom caturwulan pertama.
6.Hasilnya, biaya overhead untuk caturwulan pertama akan terlihat.
7.Kemudian isikan biaya-biaya lain untuk caturwulan-caturwulan berikutnya.
8.Salin fungsi SUM di caturwulan pertama ke caturwulan berikutnya.
9.Hitung total untuk menghitung total penjualan untuk biaya overhead tertentu di baris yang menampilkan nama penjualan tersebut.
10.Salin bagian total tersebut ke bagian bawah sehingga semua baris yang menjelaskan biaya overhead akan terjumlahkan.
11.Total dari semua biaya overhead di semua caturwulan akan bisa dijumlahkan dengan men-SUM pada kolom TOTAL.
12.Total biaya untuk 16 bulan akan terlihat di sel terakhir pada kolom TOTAL.
13.Menghitung berapa sebenarnya porsi total dari satu biaya overhead dibandingkan dengan total biaya keseluruhan,caranya dengan membagi antara total untuk biaya overhead tertentu dengan total dalam empat caturwulan.Dimana total keseluruhan diberi tanda $ yang menunjukan bahwa referensi ke sel tersebut absolut hingga kalau formula disalin referensinya tetap kesitu.
14.Kalau sudah diperoleh % dari total untuk satu sel, salin formula ini hingga ke semua sel yang ada di kolom “% dari total”.
15. ampilannya belum dalam format persen, karena itu klik kanan dan klik menu format cells.
16.Klik pada number > percentage dan set nilai desimal sebanyak dua untuk persentase.
17. Presentase dari semua jenis overhead akan terlihat dikolom “% dari total”.




Posting Komentar

0 Komentar